Gali Potensi Belacan Sebagai Produk Yang Berdaya Saing Ekspor

0 Comments


Barometer99, Aceh Tamiang -
Kepala Kantor Bea Cukai Langsa, Tri Hartana melaksanakan kunjungan ke salah satu tempat produksi bahan makanan berupa Belacan atau biasa dikenal dengan nama Terasi yang berada di Desa Kuala Peunaga, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu, 04 April 2021.

Didampingi Pejabat Fungsional dan seorang pelaksana,
kunjungan kali ini bertujuan untuk menggali produksi bahan makanan rumahan berupa Belacan yang berpotensi memiliki daya saing untuk diekspor, jelasnya.


Bersama Kepala Dusun dan Perangkat Desa, dlDirinya berkunjung ke salah satu tempat tinggal warga Kampung yang memproduksi Belacan dirumahnya, Imbuhnya.

Sementara, Heru salah satu Produsen Belacan di Kampung Kuala Peunaga menjelaskan bahwa, hasil produksi Belacan ini sudah dipasarkan ke Wilayah Langsa, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang, namun belum sempat dijual sampai ke luar kota maupun luar negeri karena terkendala alat bantu mesin yang masih konvensional dan ketersediaan bahan baku yang tergantung pada musim dan hasil tangkapan, Terangnya.


Diharapkan dengan diadakannya kunjungan ini, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai khususnya Bea Cukai Langsa dapat mengetahui setiap kendala dan kondisi yang dihadapi oleh para pelaku UMKM khususnya yang ada di bawah wilayah pengawasan Bea Cukai Langsa serta membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi agar dapat meningkatkan minat ekspor yang dilakukan oleh masyarakat khususnya UMKM, Katanya.

Disisi lain, kegiatan ekspor juga merupakan salah satu wujud implementasi dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sangat membantu dalam mengembalikan kondisi ekonomi Indonesia agar menjadi lebih baik dan stabil kembali pasca dilanda pandemi Covid-19 saat ini, Pungkasnya.(*)

#BeaCukai
#BeaCukaiRI #BeaCukaiMakinBaik #Kemenkeu
#BeaCukaiAceh #BeaCukaiLangsa
#Ekspor
#UMKM
#PEN

Editor : Jefry Boy Isny

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: