Inovasi Pakaian Adat Wanita Aceh di Era Modern

0 Comments

Melly Muliana , Mahasiswi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, KPM-DR Berbasis Media Sosial. (Barometer99 - Aceh)

Barometer99, Kota Langsa -
Aceh adalah salah satu provinsi yang terdapat di negara Indonesia yang beribukota di Banda Aceh, yang diberi status daerah Istimewa.

Aceh juga terletak di ujung pulau sumatera, yang memiliki hasil alam yang berlimpah.
Provinsi ini terdapat 13 Suku dan 11 Bahasa daerah mayoritas penduduk di Aceh memeluk agama islam dan juga dijuluki Serambi Mekkah.

Aceh memiliki kekayaan budaya yang beragam salah satu kebudayaan yang ada di provinsi ini yaitu pakaian adat yang memiliki ciri khas tersendiri bagi suku aceh. Pakaian adat ini biasanya digunakan pada acara acara pernikahan, Upacara adat, Tarian adat dan yang lainnya.

Pakaian adat aceh ada dua macam yaitu, pakaian adat aceh untuk laki-laki (baje lintoe baro) dan pakaian aceh untuk perempuan (baje dara baroe). Bagi laki-laki mereka memakai pakaian berwarna hitam dengan pernak-pernik berwarna kuning biasanya yang disebut baju Meukasah dan memakai celana yang longgar dan panjang (celana cekak musang). Sementara untuk pakaian adat perempuan (baje dara baroe) ini menggunakan baju kuning lengan panjang yang longgar dan tertutup beserta menggunakan celana Cekak Musang, yang mana celana longgar dan panjang ditambah dengan sarung khusus sepanjang lutut ditambah dengan kombinasi jilbab atau kerudung yang menunjukkan nilai-nilai Melayu dan Islam.

Di era modern ini masyarakat Aceh semakin mengedepankan standar kecantikan dan fashion.

Cantik setiap orang berbeda-beda namun memiliki arti yang sama yaitu keindahan.

Namun nyatanya saat ini kata cantik hanya diperuntukkan kepada fisik yang nampak di depan mata tanpa mempedulikan syariat islam.

Semua orang memang suka akan kata cantik dan semua orang ingin dilihat seperti itu.

Persepsi masyarakat sekarang jika tidak cantik tidak akan dihargai pada zaman sekarang.

Dulu pakaian adat wanita Aceh hanya memakai baju kuning lengan panjang yang longgar dan Cekak musang tapi sekarang malah sebaliknya.

Rata-rata terlihat zaman sekarang baju adat wanita Aceh dibentuk dengan sedemikian rupa agar terlihat mewah dengan dikombinasikan tambahan anting-anting dan sunting-sunting warna keemasan dan ditambah sapuan make-up yang menjadikan perempuan Aceh seperti seorang Ratu pada acara tertentu.

Tapi tidak sepenuhnya seperti yang ada dalam nilai-nilai dan syariat Islam. Seperti yang Dijelaskan dalam norma adat aceh, Norma Adat yang ada di Aceh tidak terlepas dari Islam, karena bagi bangsa Aceh, "Adat ngen Agama lage Zat ngen Sifet", yang Artinya : 'Adat dan Agama Seperti Zat dan Sifat' bermakna bahwasanya agama dan adat di Aceh tidak bisa di lepaskan.

Jadi harus saling berhubungan dengan ini kita harus mengutamakan kedua-duanya agar tidak saling berselisih faham.

Seperti yang sering kita lihat pada acara pernikahan (walimatul urs) wanita yang memakai adat Aceh (baje Dara Baroe) kebanyakan sudah lazim pakaiannya melekuk tubuh serta lengan dan celana yang membentuk betis. Zaman sekarang masyarakat lebih mengedepankan fashion karena banyak masyarakat menganggap kecantikan itu hal yang nomor satu pada saat acara-acara tertentu untuk penampilannya agar terlihat menarik kepada khalayak ramai tanpa mementingkan kenyamanan.

Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa fashion menjadi sangat penting bagi masyarakat saat ini untuk menunjang penampilan mereka.

Dalam kesehatan pastinya memiliki dampak negatif memakai pakaian yang ngepas ditubuh, hal ini dapat memengaruhi kondisi sirkulasi udara dalam tubuh, masalah perut, atau bahkan gangguan kulit. Kadang kala langsung berdampak pada kulit seperti gatal-gatal, ruam pada kulit, dll.
Dengan ini saya sedikit memberi kritik dan saran untuk kaum hawa agar menyesuaikan adat dan budaya dengan keadaan zaman sekarang untuk lebih mementingkan nilai-nilai syariat yang ada di daerah, dengan itu kita sebagai masyarakat tidak akan meninggalkan adat dan budaya dan tidak juga mengesampingkan nilai-nilai syariat Islam.(MM)

Editor : Jefry Boy Isny

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: