Kadis Perindagkop dan UKM Kota Langsa, "Ingat! Pendaftaran BPUM Tahap III 28 April 2021 Ditutup"

0 Comments

Kadisperindagkop & UKM Kota Langsa, Mahlil, SH. Diruang Kerjanya, Rabu, 21 April 2021.
(Barometer99 - Aceh)

Barometer99, Kota Langsa -
Berdasarkan Surat dari Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dengan Nomor: 171/SM/III/2021, tertanggal 23 Maret 2021 perihal program Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) di seluruh Indonesia.

Terkait akan surat tersebut terdapat beberapa orang warga masyarakat belum memahami tindak lanjut dengan apa yang di maksud.

Muslem HS. lebih akrabnya disapa Cut Lem, warga dusun 1 Jeumpa, Gampong Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, kepada Barometer99 menyoalkan terkait apa itu Nomor Induk
Berusaha (NIB) dan dimana harus mendapatkan NIB tersebut, tanyanya.


Dengan adanya warga masyarakat yang belum memahami apa itu Nomor Induk Berusaha (NIB) dan darimana kita harus mendapatkannya, Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Langsa, Mahlil, SH, Ketika dihubungi via telefon Selulernya, Rabu, 21 April 2021, Sekira pukul : 13.20 wib, mengatakan, Bahwa, Bantuan tahap III yang diperuntukan kepada para usaha Mikro telah dibuka untuk pendaftaran, ujarnya.

Lanjutnya menjelaskan, Untuk tahap III kali ini pendaftaran dibuka secara online, mengingat akan Pandemi Covid - 19 (Prokes), yang bertujuan agar nantinya dapat menghindari berkumpulnya orang banyak atau kerumunan massal, Terangnya.

"Maka, Bagi warga yang belum memahaminya, seperti yang di sampaikan Warga Dusun I Jeumpa Gampong Matang Seulimeng, Cut Lem, Bahwa, NIB tersebut merupakan salah satu syarat untuk melakukan pendaftaran secara online dan bantuan usaha mikro ini di peruntukkan bagi yang benar-benar pelaku usaha serta nantinya dapat terhindar dari tumpang tindihnya usaha,
pelaku usaha yang mendaftar harus mengirimkan photo Nomor Induk Berusaha (NIB) yang juga didaftarkan secara Online melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) Kota Langsa,”ungkapnya.

Diharapkan, Kepada Para pelaku usaha pastinya memiliki alat komunikasi Hand Phone (Android) yang mana nantinya bertujuan untuk membantu para pelaku usaha baik itu mendaftar maupun hal yang lainnya, sebut Mahlil.

Dirinya juga menambahkan, Bantuan ini juga kita salurkan bagi yang belum mendapat kan batuan dari tahap pertama dan tahap kedua lalu dan bertujuan agar pemerataan bantuan dapat dirasakan seluruh pelaku usaha mikro yang ada di Kota Langsa, imbuhnya.

Lebih lengkapnya inilah kriteria calon penerima Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM), Bahwa,
- Benar memiliki usaha produktif skala ultra mikro dan usaha mikro sebelum wabah covid 19 dan usahanya memang terdampak covid - 19 didalam wilayah kota Langsa.

- Tidak sedang menerima kredit perbankan (KUR) atau sejenisnya.

- Warga Kota Langsa dengan memiliki E-ktp berdomisili di Kota Langsa.

- Bukan, Aparatur Sipil Negara (ASN).

- Bukan Anggota TNI/POLRI Dan bukan juga pegawai BUMN.

Maka, Bagi warga masyarakat yang melakukan Pendaftaran tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis, Kata Mahlil SH, selaku Kadis Perindagkop dan Ukm Kota Langsa Pendaftaran ditutup pada Rabu, 28 April 2021 memdatang, Tuturnya.(*)

Editor : Jefry Boy Isny

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: