Lapas Kelas III Lhoknga Lakukan Koordinasi Bersama BPN Aceh

0 Comments

Barometer99, Lhoknga -
Lapas Kelas III Lhoknga mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional Aceh dalam rangka melakukan koordinasi terkait sertifikat tanah Lapas Lhoknga yang hilang akibat bencana tsunami yang melanda Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 silam. Dalam agenda ini, Lapas Lhoknga yang diwakili oleh Kepala Urusan Tata Usaha, Fachrizal Bakti disambut langsung oleh staf Kabid I, Rabu, 14 April 2021.
.
Sebagaimana diketahui, kepemilikan sertifikat sebagai bukti penguasaan hak atas tanah telah menjadi hal yang sangat penting. Kepemilikan sertifikat tersebut tidak sekedar untuk terpenuhinya syarat administratif dan bukti formil saja. Namun lebih dari itu, yaitu sebagai jaminan kepastian hukum. Yang dimaksudkan dengan sertifikat adalah sebagai suatu surat tanda bukti hak yang berlaku sebagai alat pembuktian yang kuat mengenai data fisik dan data yuridis yang termuat di dalamnya.


Lapas Lhoknga yang sebelum perubahan nomenklatur bernama Cabang Rutan Lhoknga awalnya terletak di pinggir pantai Lhoknga tepatnya di desa Mon Ikeun kecamatan Lhoknga dan merupakan penjara peninggalan Belanda. Pada tahun 1982 di aktifkan kembali menjadi Cabang Rumah Tahanan Negara Lhoknga sampai terjadi peristiwa Tsunami pada 26 Desember tahun 2004 yang memporak porandakan bangunan dan penghuni Cabang Rutan Lhoknga yang lama. Pada hari tersebut, sertifikat tanah Lapas Lhoknga hilang terbawa arus gelombang tsunami. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk menertibkan administrasi di bidang pertanahan di Indonesia, Lapas Lhoknga kembali melakukan pengurusan sertifikat tanah tersebut.

Pada kesempatan ini, Kaur Tata Usaha bersama pegawai kantor BPN melakukan pengecekan data sertifikat tanah Lapas Lhoknga yang telah tersimpan secara online. Selanjutnya, Lapas Lhoknga akan membuat pengusulan penerbitan duplikat sertifikat tanah Lapas Lhoknga yang baru. Kegiatan koordinasi ini berjalan lancar serta menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.(*)

#kemenkumhamri
#humasditjenpas
#kumhamPASTI
#pemasyaratakan
#LapasLhoknga
#PasTiLho

Editor : Jefry Boy Isny

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: