SMA N 17 Plus Siap Menjadi Pelopor Terapkan Sistem SKS

0 Comments

Barometer99 - Palembang - Sistem satuan kredit semester (SKS), seperti di perguruan tinggi, akan diterapkan di jenjang SMA/MA. Penerapan sistem SKS pertama Di sumsel SMAN 17 plus siap menjadi Pelopor, pemerintah juga menilai pembelajaran sistem ini memberikan keleluasaan bagi murid untuk belajar sesuai bakat, minat, dan kemampuannya.

SKS sendiri adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang membebaskan murid untuk bisa menentukan sendiri berapa banyak beban belajar yang akan di ikuti tiap semesternya.

Kepala Sekolah SMA negeri 17 Palembang Dra Purwiastuty Kusumastiwi mengungkapkan bahwa saat ini pembelajaran sistem SKS hanya menunggu ijin dari pusat.

"Saat ini kita masih proses, jadi ijinnya lagi kita lakukan ke dinas, setelah itu dibawa ke Jakarta Kemendikbud tergantung respon nya, untuk persiapan saat ini, kita sudah siap", Kata Ibu Pungky sapaan Akrabnya ketika diwawancarai dikantornya, Senin 05 April 2021.

Ia membeberkan bahwa pelaksanaan sistem SKS pada prinsipnya siswa yang belajar harus menuntaskan Kompetisi dasar yang ada, yang bisa di tempuh selama 2 sampai 4 tahun.

"Mereka bisa menyelesaikan Studinya bisa 2 tahun, kalau untuk paket biasa 3 tahun, untuk yang penerimanya lambat bisa sampai 4 tahun, tapi tentunya kita tidak mengharapkan sampai 4 tahun", bebernya.

Sebelumnya SMA 17 sudah melaksanakan workshop terlebih dahulu yang menghadirkan narasumber dari SMA 1 Salatiga dan koordinator bidang SKS Kemendikbud guna untuk memberikan arahan terhadap guru, jadi saat ini sistem SKS menjadi Inovasi pertama di Sumsel, masih dalam proses Perijinan. sebelum tahun ajaran baru, semoga perijinan nya selesai. 

"Sampai saat ini masih dalam proses karena butuh waktu, dan tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus ada izin dari pemerintah setempat juga, mudah-mudahan sebelum tahun ajaran baru Sistem SKS ini sudah bisa di lounching", harapnya.

Editor : RVL
Sumber : (Yon)

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: