Dandim 1801/ Manokwari : Pendidikan Anak Harus Menjadi Fokus Pembinaan SDM Sejak Dini.

0 Comments

 


Papua Barat - Dandim 1801/ Manokwari Kolonel Arm Airlangga, meresmikan Rehab Swadaya Bangunan TK Kartika Jaya XXII – 1 Kodim1801/ Manokwari di jalan Brawijaya Distrik Manokwari Barat Provinsi Papua Barat,Senin (07/06/2021).

Disaksikan sejumlah Perwira Staf,pengurus Persit KCK Cab XII Kodim 1801, sejumlah guru-guru dari TK Kartika XXII -1 dan ketua  Persit KCK Cab XII selaku ketua Yayasan Kartika Jaya XXII-1 Ibu Tjut Rizka Mutia Airlangga. Kolonel Arm Airlangga, yang juga merupakan pelindung yayasan tersebut, menandatangani prasasti tanda telah rampungnya semua proses perbaikan atau renovasi sekolah.

Dalam sambutan peresmian renovasi sekolah TK tersebut, Kolonel Arm Airlangga mengatakan bahwa Kodim 1801 akan terus berusaha secara maksimal meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pendidikan masyarakat, khususnya putra – putri prajurit. Dalam kaitan inilah giat renovasi bangunan sekolah TK tersebut menurutnya dilakukan sebelum direnovasi kondisi bangunan sudah kurang layak untuk memenuhi syarat kenyamanan dalam kegiatan belajar – mengajar.  Bahkan bisa membahayakan para guru dan siswa.

Apalagi menurutnya, sekolah ini berdiri sudah sangat lama, bangunannya sudah sangat tua karena sudah ada sejak zaman Belanda. Oleh karena itu, menurutnya pembangunan renovasi gedung sekolah yang memiliki 4 ruang belajar dan ruang Yayasan ini, selain difokuskan untuk mengembalikan fungsinya sebagai tempat kegiatan belajar mengajar,  menurut Kolonel Arm Airlanggga juga akan menjadi bagian penting usahanya untuk menjaga kelestarian cagar bangunan sejarah yang menjadi aset Kodim 1801/Mkw.

“Saya berharap, dengan usaha swadaya satuan ini, melalui perbaikan infrastruktur pendidikan, kegiatan belajar mengajar akan menjadi lebih nyaman. Para guru dan murid-murid juga diharapkan setelah gedung ini direnovasi, yang tadinya kumuh menjadi asri, tentu akan meningkatkan semangat dan menambah motivasi dalam menjalankan proses kegiatan pendidikan di TK Kartika ini.

Anak-anak akan menjadi semakin nyaman, dan para gurunya menjadi bertambah semangat dan motivasinya dalam mengajarkan para siswa.” Ujar Dandim 1801/ Manokwari

Untuk diketahui bahwa Dandim 1801/ Manokwari, Kolonel. Arm Airlangga yang baru menjabat kurang dari satu tahun telah banyak melakukan terobosan-terobosan dan perubahan positif dalam kaitan upayanya menunjang sarana dan prasarana Kodim 1801/ Manokwari agar kinerja, loyalitas dan esprit de corps (jiwa korsa) anggota dapat terus meningkat.

Diakui oleh sejumlah kalangan, terutama dari para anggota, bahwa perubahan fisik dan perubahan sosial mendasar dalam tata kelola kegiatan Kodim 1801/Manokawari banyak mendapat apresiasi positif bukan cuma dari anggota, tapi juga dari masyarakat dan pemerintah daerah.

Salah seorang anggota Kodim 1801/ Mwk yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa, Dandim yang sekarang ini, selain pemikirannya ‘encer’, beliau juga sangat kreatif dan inovatif. Berbagai gagasan muncul dari banyak ide kreatifnya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kesejahteraan anggota. Dan diyakininya bahwa perubahan positif tersebut terus dirasakan. Seperti halnya contoh kegiatan renovasi sekolah TK ini.

Menurutnya, Dandim 1801/mkw memiliki concern dan kepeduian besar terhadap nasib pendidikan pra sekolah. Karena menurutnya pendidikan pra-sekolah adalah salah satu pondasi dalam memproduksi sumber daya manusia rakyat Papua yang secara terus menerus harus dilakukan secara efektif, sistematis dan berjenjang sesuai dengan standarisasi kurikulum yang ada.

“Beliau belum genap setahun, tapi banyak hal-hal kongkrit dan perubahan positif yang dilakukannya demi meningkatkan pelayanan dan kesejahtaraan anggota.

Bayangkan, Kodim 1801/Mkw yang sebelumnya terlihat tidak terawat, saat ini telah disulap menjadi tempat yang menyenangkan, tidak lagi "angker" dan menjadi salah satu tempat interaksi favorit berbagai lapisan masyarakat dengan adanya Cafétaria yang bernama "Noken" yang dikelola oleh Kodim 1801/Mkw.

Dengan keberadaan Café dan Resto tersebut, Kodim 1801 terkesan makin dekat dengan masyarakat.

Suasana cair dengan masyarakat terbangun positif. tidak lagi ada gap antara TNI dengan rakyat. Intinya interaksi dengan masyarakat di berbagai lapisan terjalin sangat positif. Tak jarang café itu juga dijadikan tempat untuk berdiskusi memecahkan problem terkait giat teritorial dan komunikasi sosial anggota dengan masyarakat.” Ujar anggota TNI Senior itu.

Sebelumnya kegiatan renovasi sarana dan prasarana Kodim 1801/MKw juga telah dilakukan. Dari adanya fitness centre, renovasi ruang kantor Persit KCK Cab XII,Pos yandu Anggrek,sarana air dan MCK, renovasi kolam renang hingga pembuatan garasi mobil/ motor agar Kodim 1801/Mkw terlihat tertata rapi.

Kondisi tersebut menurut anggota sangat berpengaruh terhadap perubahan kinerja dan psikologis, kapasitas dan mind set anggota dalam melakukan kegiatan dilapangan. Baik itu kegiatan operasi maupun kegiatan teritorial.

Oleh karenanya, terkait kebutuhan tersebut, secara inovatif Dandim 1801/Mkw belum lama ini juga melakukan terobosan dengan sengaja mendatangkan narasumber dari Jakarta dalam rangka meningkatkan capacity building dan strategi melakukan komunikasi dimasyarakat secara efektif.

Diakhir arahannya, Bapak Dandim mengingatkan bahwa apa yang telah dilakukan kita saat ini adalah dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Khususnya para anggota. Dengan keberadaan berbagai fasilitas yang ada, Dandim 1801/Mkw meminta agar semua komponen masyarakat termasuk anggota TNI mampu menjalin sinergi yang maksimal, sehingga menciptakan stabilitas iklim yang kondusif dan stabil.

Dandim 1801/ Mkw juga "meminta anggotanya untuk merawat dan menjaga bersama-sama semua aset dan infrastruktur Kodim 1801. Karena berbagai perubahan infrastruktur, dari perubahan sarana aktivitas kantor, hingga kenyamanan berolahraga dan beraktivitas lainnya termasuk program pengembangan sumber daya anggota adalah untuk kepentingan positif para anggota",tutupnya (Rahmat Hidayat)

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: