Kanim Kelas II TPI Langsa Bentuk Tim Guna Melakukan Penanganan 81 Orang Imigran Rohingya

0 Comments

Tim Kanim Kelas II TPI Langsa, Tiba di Pulau Idaman, Kec. Simpang Ulim, Kab. Aceh Timur. (Barometer99 - Aceh)

Barometer99, Aceh Timur -
Berdasarkan Informasi yang diterima Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Langsa yang mana bahwa, telah ditemukan Puluhan manusia pengungsi rohingya di Aceh Timur, maka personil Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa langsung membentuk tim guna melakukan Penanganan Pengungsi dengan bergerak cepat meluncur ke kawasan atau lokasi di Pulau idaman , Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur, Jum'at, 04 Juni 2021.

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II TPI Langsa, Darory kepada Barometer99 mengatakan, Bahwa,
Pengungsi etnis Rohingya tersebut terdampar tepatnya di Pulau Idaman, Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur.

lanjut Kakanim, Dikarenakan Pandemi Covid-19, tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur Melaksanakan Rapid Antigen Terhadap seluruh pengungsi Etnis Rohingya tersebut dan didapatkan Hasilnya Negatif.

"Kemudian Petugas Imigrasi melakukan pendataan melalui Pemeriksaan Pengungsi Etnis Rohingya tersebut dan diketahui bahwa mereka merupakan Warga Negara Myanmar yang menyatakan diri sebagai pencari suaka dan pengungsi etnis Rohingya yang berasal dari Camp Bangladesh dan mereka tidak memiliki Dokumen Perjalanan, Kata Darory.

Darory juga memaparkan, Bahwa, dari data sementara, Pengungsi tersebut berjumlah 81 Orang diantaranya 53 Wanita Dewasa, 05 Wanita anak-anak, 17 Pria dewasa, dan 06 Pria anak-anak.

Sambungnya kembali, Bahwa, pada keesok harinya, Sabtu, 05 Juni 2021, Tim Penanganan Pengungsi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa melakukan pendataan melalui pemeriksaan lebih lanjut terhadap pengungsi etnis Rohingya (pengambilan foto dan sidik jari), ujar Darory.

"Kemudian Tim dari Kanim Kelas II TPI Langsa mendapatkan hasil dari 81 Orang Pengungsi etnis Rohingya, 45 orang memiliki Kartu UNHCR, sisanya Kartu UNHCR mereka hilang akibat Kapal yang rusak saat terdampar di Kepulauan Andaman dan Seluruh pengungsi berada dalam kondisi sehat dengan stok bahan makanan yang cukup dan air bersih yang dipasok memakai perahu dari daratan, Terang Darory.


"Para Pengungsi masih berada di pulau Idaman dan tidak diizinkan keluar pulau dan pulau tersebut saat ini dalam penjagaan Kepolisian dan TNI dan Pengungsi yang dewasa juga sudah diberikan Vaksin Covid-19 untuk mencegah penyebaran covid-19, imbuhnya.

Darory juga menjelaskan, Bahwa, Petugas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa kembali mendatangi camp rohingya, Senin, 07 Juni 2021 yang berada di Pulau Idaman Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur.

Kedatangan Tim ke lokasi bertujuan untuk melakukan pengawasan rutin terhadap pengungsi.

Pengungsi masih ditempatkan dalam tenda BNPB yang dipasang di pulau Idaman dan berada dalam penjagaan Kepolisian dan Koramil Kecamatan Simpag Ulim.

Seluruh pengungsi berada dalam kondisi sehat dengan stok bahan makanan yang cukup dan air bersih yang di suplay memakai perahu dari daratan.

Pengungsi masih berada di pulau Idaman dan tidak diizinkan keluar pulau dan pulau tersebut saat ini dalam penjagaan Kepolisian dan TNI.

Hingga saat ini, untuk penanganan pengungsi tersebut Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa terus berkoordinasi dengan Instansi terkait, Tutur Darory.(*)


Editor : JBI

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: