Panitia Penjaringan Sekretaris Desa Bolo membuka pendaftaran Penerimaan Calon Sekretaris Desa

0 Comments


Barometer99- BIMA-NTB. Sudah lama kekosongan Sekretaris desa, Panitia Penjaringan Sekretaris desa Bolo membuka pendaftaran penerimaan calon sekretaris desa yang bertempat di Aula Kantor Desa Bolo Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. Rabu, 9/6/2021. 

I Putu Budiarta, M. Pd, selaku ketua Panitia Penjaringan Perangkat Desa Bolo mengatakan bahwa, proses yang dilakukan ada dua tahap yaitu tahap penjaringan dan tahap seleksi. Tahap penjaringan adalah mengenai persyaratan administrasi pendaftaran sedangkan tahap seleksi tes berupa ujian tertulis. 

“Mengenai pelaksaan Pendaftarannya mulai tanggal 9 Juni 2021 sampai dengan 15 Juni 2021, saat ini persiapan mereka untuk mengambil formulir/balnko seperti daftar riwayat hidup, surat pernyataan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan setia kepada Pancasila dan UU, kita sudah siapkan itu” ujar Budiarta. 

Masih I Putu Budiarta, menjelaskan mengenai bakal calon yang kurang kelengkapan persyaratan, kita akan berikan waktu 2x 24 jam untuk melengkapinya dan setelah itu kita akan lakukan verifikasi ataupun pemeriksaan berkas apakah sesuai dengan persyaratan, setelah dilakukan pemeriksaan panitia akan mengeluarkan keputusan bahwa dari bakal calon tersebut yang akan lolos seleksi administrasi dan berhak untuk mengikuti tahapan seleksi ataupun ujian. 

Ditanya mengenai teknis pembuatan soal oleh wartawan media Barometer99, ketua panitia I Putu Budiarta, menanggapi bahwa untuk teknis pembuatan soalnya kemarin sebelum kita buka pendaftaran kita juga menyusun yang namanya tata tertib, jadi tata tertib mengatur tahapan yang diikuti oleh semua bakal calon dan harus diikuti oleh semua panitia maupun bakal calon.


“Penyusunan tata tertib awalnya kita buat draf dan drafnya kita konsultasi dengan pak Camat Madapangga karena pak Camat posisinya tempat kita konsultasi sesuai dengan aturan, hasil konsultasi dengan Camat memberikan arahan sebaiknya tata tertib ini kita bahas, kami panitia melaksanakan arahan dari pak Camat dengan mengundang MUSPIKA Kecamatan Madapanga (Kapolsek, Koramil, Camat Madapangga, Kepala Desa, BPD dan Kadus), kita membahas cukup alor karena kita bahas itu perpasal, perayat dan perban”ujar  Budiarta ketua panitia. 

Budiarta menambahkan bahwa berkaitan dengan soal, sesuai dengan hasil pembahasan tata tertib dengan Muspika, soal akan disusun oleh panitia.  Nanti setelah seleksi admintrasi selesai kita undang bakal calon yang berhak ikut ujian dan kita akan kita undang untuk sosialisasikan pelaksanaan seleksinya  seperti teknik ujian dan jumlah soalnya sekian.  “Kita juga akan melakukan Kordinasi dengan Badan pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes Kabupaten Bima terkait pelaksanaan penjaringan dan seleksi perangkat Desa sesuai dengan Tatib,  soal selesai disusun keesokan harinya langsung dilaksanakan ujian artinya tidak ada jeda (hari), ” tuturnya.

“Untuk teknis pembutaan soal dan  mengenai keamanan kita benar-benar dikarantina, panitia tidak diperbolehkan membawah alat komunikasi pada saat penyusunan soal, soal yang kita susun dikantor Desa jika belum selesai akan dilanjutkan keesokannya dan kita titip di kantor polisi, kita akan buka bersama-sama kita minta bantuan kepada Pemdes dan BPD untuk mengawal soalnya”. Pungkas I Putu budiarta.

Wartawan Media Barometer99 mempertanyakan teknis pemeriksaan hasil ujian para calon yang mengikuti tes penjaringan Sekretaris desa ataupun Kadus, I Putu budiarta selaku ketua panitia menyampaikan bahwa pada print out soal dan pemeriksaan akan dilakukan dihadapan peserta pada hari yang sama.  Peserta  tes diharapkan jangan pulang dulu dan mereka bisa melihat langsung apa yang menjadi jawaban terhadap soal yang mereka kerjakan dan saksi juga akan kita hadirkan. 

“Panitia menyakini apapun yang kita lalukan dalam penjaringan dan seleksi ini kita berusaha untuk transparan, jujur serta adil sehingga nanti akan melahirkan sekretaris dan Kadus yang lolos sesuai dengan kompetensi atau kemampuan sehingga tidak diduga hal-hal yang lain” harap Budiarta ketua Panitia.

(Syf-14).

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: