Pembukaan MTQ XXIX Tingkat Kecamatan Batukliang Utara, Polisi Siapkan Pengamanan

0 Comments


Barometer99- Lombok Tengah-NTB. Jajaran Polres Lombok Tengah melalui Polsek Batukliang Utara bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Pol PP dan BKD siap melakukan pengamanan selama kegiatan keagamaan itu berlangsung.

Kegiatan MTQ XXIX Tingkat Kecamatan Batukliang Utara dimulai sejak Selasa Tanggal 01 Juni 2021 Pukul 21.10 Wita di halaman Kantor Camat Batukliang Utara, dibuka Plt Sekda Lombok Tengah, Drs. H. Lalu Idham Khalid, M. Pd.

 MTQ  XXIX Tingkat Kecamatan Batukliang Utara tahun ini mengangkat tema "Kita tingkatkan semangat generasi milenial yang Qur'ani".

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Loteng yang diwakili oleh Plt Sekda Drs. H. Lalu Idham Khalid, M. Pd, Camat Batukliang Utara,  H. Lalu Wiraningsun, Kapolsek Batukliang Utara IPTU Sri Bagyo, Danpos Ramil Pelda Ainul Fikri, Kepala KUA Batukliang Utara H. Masri, Ketua LPTQ Kecamatan Batukliang Utara Ustaz Munawarudin, SH, Ketua MUI Kecamatan Batukliang Utara H. Muzakkir Walad, Kepala UPT se Kec Batukliang Utara, Kepala Desa Se-Kec. Batukliang Utara, Toga, Toma, Toda dan dihadiri oleh sekitar 100 Orang.

Ketua Panitia, Muh. Ifkan, S. Pd dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada Camat BKU yang telah menunjuk Desa Teratak sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ tahun ini untuk tingkat kecamatan Batukliang Utara.

"Seharusnya MTQ ini dilaksanakan di Kantor Desa Teratak, namun berhubung Kantor Desa lahannya sempit karena itu tempat acara kami pindah ke Kantor Camat Batukliang Utara," kata Ifkan.

Dikatakan Ifkan, Dewan Hakam terdiri dari 24 orang, untuk Majelis 1 arena utama halaman Kantor Camat diikuti Cabang/golongan Tartil, Tilawah anak-anak, Tilawah Remaja dan Tilawah Dewasa, Majrlis 2 Masjid Al-Ikhlas Pediti Teratak (Cab. HIFZIL QUR'AN Golongan 1 juz & tilawah, 10 juz), Majelis 3 TPQ RAHMANIYAH Pediti bertempat di rumah Drs. Salim, untuk cabang Fahmil Qur'an dan Syarhil Qur'an. Majlis 4 PAUD KHUDWATUN HASANAH. Nunggal untuk cabang 5 juz dan tilawah, 20 juz dan 30 juz. Ada 22 Cabang dan golongan  yang dimusabaqahkan dengan jumlah peserta 206 orang baik perorangan dan beregu.


Menurut Ifkanz Kegiatan MTQ ini dimaksudkan untuk memelihara dan mengembangkan serta menyebarkan Al Qur'an dan hadis sebagai spirit dalam membangun bangsa dan negara.

Sementara itu, Camat Batukliang Utara Lalu Wiraningsung usai melantik para dewan hakim mengucapakan syukur dan terima kasih kepada semua yang telah bahu membahu mempersiapkan acara MTQ tingkat Kec. Batukliang Utara," ucap Camat Lalu Wiraningsun.

Lalu Wiraningsun berharap, dalam MTQ tingkat kecamatan ini mendapatkan duta terbaik yang akan mewakili Kecamatan Batukliang untuk berlomba ke tingkat kabupaten nanti.

Dikatakan Camat Lalu Wiraningsun, untuk mata lomba MTQ tahun ini tidak dikurangi akan tetapi kita laksanakan secara khusus, untuk MTQ di wilayah Kec. Batukliang Utara sekaligus sebagai ajang silaturrahmi dan mencari bibit bibit Qori Qoriah. 

"Mudah-mudahan wakil dari Batukliang Utara sukses bukan saja sukses di tingkat Kabupaten tetapi sampai Nasional bahkan Internasional," harapnya.

Plt. Sekda Kab. Lombok Tengah H. Lalu Idham Khalid yang sekaligus membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXIX Tingkat Kec. Batukliang Utara yang mengucapkan selamat datang kepada para kafilah yang dilihatnya penuh semangat yang terpancar dari wajah setiap tampilan yang hadir.

"Bagi kita Al-Qur'an merupakan pedoman hidup yang mencakup segala aspek kehidupan Al Qur'an adalah instrumen penting umat Islam untuk keluar dari fase penuh kegelapan menuju fase-fase yang terang benderang," ucap Idham Khalid.

Dijelaskannya, Al Qur'an menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akhirnya menghadirkan kemajuan bagi manusia dan alam sekitarnya Al Qur'an memberi petunjuk agar manusia mengembangkan dan menggunakan akal sebagai kekuatan dalam mempelajari rahasia rahasia alam semesta untuk kemaslahatan umat manusia.

"Tujuan utama diturunkannya Al-Qur'an oleh Allah SWT adalah untuk menjadi pedoman bagi manusia dalam hidupnya sebagai hamba dan hamba yang paling mulia, serta yang terbaik di sisi Allah adalah yang paling bertakwa," jelas Idham Khalid.

Idham Khalid juga menegaskan, Al Qur'an membentuk manusia beriman dan bertaqwa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian yang bekerja keras, tangguh, mandiri, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani serta bertanggung jawab.

"Jangan lupa selama kegiatan berlangsung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga kita semua dari terhindar dari Virus Covid 19. Kami juga menitip pesan kepada dewan Hakam agar memberikan penilaian yang seadil-adilnya. Insya Allah dengan begitu apapun hasil akan diterima dengan lapang dada oleh para peserta," imbau Idham Khalid.

MTQ XXIX tingkat Kec. Batukliang Utara diikuti oleh 8 Kontingen diantaranya :

1. Kontingen Mas-Mas
2. Kontingen Setiling
3. Kontingen Aik Berik
4. Kontingen Teratak
5. Kontingen Aik Bukak
6. Kontingen Lantan
7. Kontingen Karang Sedemen
8. Kontingen Tanak Beak

MTQ XXIX tingkat Kec. Batukliang Utara akan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 2 sampai dengan 5 Mei 2021.

(Syf-14).
Sumber : Humas Polda NTB.


Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: