Polres Mesuji, TNI dan Puskesmas Wirabangun Bentuk Tim, Lansia di Vaksin Massal

0 Comments

Barometer99- MESUJI.LAMPUNG,- Kegiatan gabungan TNI (Koramil Mesuji),POLRI (Polres Mesuji),dan Dinas Kesehatan dalam melaksanakan percepatan Vaksinasi massal ,Vaksin Sinovac Covid-19 bertempat di Puskesmas Rawat Inap Desa Wirabangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung.Kamis (3/6/2021).

Ada 4 rangkaian kegiatan yang dilakukan Tiem gabungan Personel TNI Koramil Mesuji, Polres Mesuji dan Puskesmas Wirabangun yaitu:

A. Pada sekira pukul 09:30 Wib dilaksanakan rapat koordinasi dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi bertempat di ruang rapat Puskesmas Wirabangun Kecamatan Simpang Pematang.

Hadir dalam giat rapat yaitu Kapolres Mesuji AKBP Alim, S.H.,Sik, Kepala Puskesmas Wirabangun Hendri Setiawan, Kasat Sabhara AKP Zulkarnaen, S.H., Kasat Itelkam Iptu Putu Hartha Jaya Utama, Kasar Binmas Iptu Sarijo, Kasubag Dal Ops Bag Ops Polres Mesuji Iptu Darlis dan Para Tenaga Vaksinasi(vaksinator) Puskesmas Wirabangun. 

Kepala Puskesmas Wirabangun Hendri Setiawan mengatakan, sasaran vaksin berjumlah 1.788 orang yang tergolong Lansia serta tersebar di Kecamatan Simpang Pematang dan khusus Desa Wirabangun sebanyak 266 orang, jelas Hendri. 

Lanjutnya, kalau terkait logistik vaksin sinovac sudah tersedia di Puskesmas dan berkaitan sistem pelaksanaan pelaporan, pendataan dan lain lain dilaporkan secara online. 
"Kami meminta arahan dan petunjuk dari Kapolres mesuji dalam pelaksaan dan kesuksesan pelaksanaan vaksinasi ini," harap Hendri. 

Kapolres Mesuji AKBP Alim, S.H.Sik., menuturkan, "kita ketahui bahwa wabah pandemi masih mendunia dan Wilayah Kabupaten Mesuji termasuk salah satu terdampak dari pandemi Covid-19 tersebut. Upaya yang sudah kita lakukan seperti PPKM Mikro, Yustisi, penerapan 3M dan lain-lain sudah kita lakukan," terang AKBP Alim.

"Kami mendorong dan mengharapkan pihak Kesehatan khususnya pihak Puskesmas Wirabangun untuk dapat segera melaksanakan dan mensukseskan vaksinasi covid-19 ini khususnya terhadap para Lansia," harap Kapolres.

Tambah Kapolres, Polres Mesuji siap membantu setiap pelaksanaan vaksinasi ini, seperti pengamanan, antar jemput Lansia, maupun kegiatan lain yang diperlukan untuk percepatan vaksinasi khususnya di wilayah Kabupaten Mesuji Lampung, pungkas Kapores.

B. Pada Sekira pukul 10:20 Wib langsung dilaksanakan apel serta pemberian arahan terkait teknis pelaksaan vaksinasi di pimpin oleh Kasat Sabhara Polres Mesuji, Kasat Intelkam dan Kasat Binmas terhadap gabungan personel Polres Mesuji dan 30 personel Polsek Simpang Pematang. 

C. Sekira pukul 10:40 Wib, bertempat dibalai Desa Wirabangun dilanjutkan dengan kegiatan pemberian arahan terhadap para perangkat Desa Wirabangun dan para Lansia. 

Kegiatan arahan diikuti oleh Kasat Sabhara Polres Mesuji, Kasat Intelkam, Kasat Binmas, Panit Reskrim Polsek Simpang Pematang, Personel TNI Koramil Mesuji, Kades Wirabangun dan perangkat Desa seperti Kaur, Rukun Keluarga(RK) dan Rukun Tetangga(RT). 

Adapun himbauan yang disampaikan Kapolres Mesuji AKBP Alim, saat ini melaksanakan kegiatan untuk membantu Pemerintah, Dinas Kesehatan dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi covid-19 khususnya para Lansia.

Teknis pelaksanaan vaksin yaitu perangkat Desa didampingi personil TNI dan Polres Mesuji untuk menjemput para Lansia di Desa Wirabangun dan memberikan himbauan agar bersedia untuk melakukan vaksinasi di Puskesmas Wirabangun. Kegiatan vaksinasi saat ini dilaksanakan secara gratis, tidak dipungut biaya apapun, kata Kapolres Mesuji.  

D. Pada sekira pukul 11:30 Wib, pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia di Puskesmas Wirabangun dengan rincian penerima vaksin: Sasaran sejumlah 266 orang lansia namun yang hadir ada 50 orang, total divaksin ada 37 orang dan yang tidak divaksin berjumlah 13 orang. 

Petugas vaksinasi(vaksinator) yaitu: Dr. Winda Fauzi, Dr. Siti Aisyah, Staf Puskesmas N.s Tri Sofian Yusuf, Ahmad Rizal, Puspa Primari Amd., Keb., Tere Pakpahan, Milda Fita Wati, Annisa Utami dan Mustakim.

Kegiatan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 khususnya para Lansia merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolri terhadap personil Polri untuk melakukan pengawalan, pengamanan dan mobilisasi Masyarakat sehingga pelaksanaan vaksinasi berlangsung kondusif.

Pelaksanaan vaksinasi saat ini dikhususkan untuk para Lansia dan dilaksanakan secara gratis tanpa pungutan biaya apapun. Terdapat 13 orang Lansia yang tidak dapat melaksanakan vaksinasi dikarenakan faktor Homorbit atau Hipertensi. Kegiatan percepatan vaksinasi khususnya untuk Lansia akan terus dilaksanakan dengan waktu dan data yang sudah terjadwal.

(Edy)

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: