Menteri Suharso Berharap Kejasama IA-CEPA Dapat Mengejar Pertumbuhan Ekonomi dan Kemakmuran

0 Comments


 

Barometer99.com, Jakarta - Menteri Suharso menghadiri Indonesia - Australia Economic, Trade and Investment Minister’s Meeting, yang dilakukan secara virtual, Selasa, 6 Juli 2021.

Pertemuan ini turut dihadiri oleh Bendahara Australia, Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia dan Duta Besar Australia untuk Indonesia. Sementara itu, dari pihak Indonesia dihadiri oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri investasi, Menteri Perdagangan, dan Dubes Indonesia untuk Australia.

Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) adalah kemitraan yang komprehensif antara Indonesia dan Australia di bidang perdagangan barang dan jasa, investasi, dan bidang kerja sama ekonomi lainnya untuk membangun kekuatan ekonomi kedua negara yang berdaya saing. di pasar global dan menjadi bagian dari rantai nilai global.

Program khusus yang disebut Economic Cooperation Program (ECP) dibuat untuk mendukung implementasi perjanjian IA-CEPA, dengan tujuan untuk memaksimalkan keuntungan bersama, mempercepat perdagangan dan investasi, serta meningkatkan akses pasar bersama di kedua negara, yang secara signifikan akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta kemakmuran kedua negara.

Dalam sambutannya, Menteri suharso mengatakan ECP IA-CEPA terdiri dari empat kegiatan utama. yaitu Implementasi IA-CEPA, Kemitraan Inovasi Agrifood, Powering Advanced Manufacturing, dan Investasi Bersama dalam Keterampilan dan Pelatihan; yang disepakati untuk dilaksanakan dengan prinsip kesetaraan, kebersamaan, dan saling menguntungkan antara Indonesia dan Australia.


“Pada momen penting ini, dengan bangga kami umumkan bahwa Indonesia dan Australia telah menandatangani Subsidiary Arrangement IA-CEPA ECP, yang dilaksanakan pada hari Jumat 25 Juni 2021,” ujar menteri Suharso.

“Bersamaan dengan penandatanganan tersebut, dengan senang hati kami menginformasikan kepada hadirin yang terhormat bahwa program juga dikenal sebagai “IA-CEPA ECP Katalis” atau hanya “Katalis” telah resmi dimulai. Biarkan ini menjadi tonggak baru dan platform luar biasa bagi Indonesia-Australia untuk mengejar pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran,” lanjut Menteri.

Menteri juga mengemukakan, dalam hal ini, Indonesia sangat mendorong semua pihak terkait termasuk pemerintah, swasta, dan akademisi untuk mengambil kesempatan berharga ini dengan partisipasi aktif, kontribusi yang berharga, dan kerjasama yang kuat untuk program ini. 

“Hal ini sangat penting untuk tercapainya tujuan pembangunan Indonesia-Australia bersama dalam jangka pendek dan jangka panjang, yaitu bangsa yang sejahtera dan pertumbuhan yang merata, khususnya untuk segera pulih dan bangkit bersama dari krisis Covid-19. Kami meyakinkan bahwa Indonesia dan Australia akan bersama-sama membangun kembali dengan lebih baik setelah krisis Covid-19,” tuturnya.

Menteri Suharso juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras semua pihak dari Indonesia dan Australia yang telah berhasil menyelesaikan kesepakatan dan rencana kerja Program Kerjasama Ekonomi ini. (Hen)

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: